Senin, 28 September 2015

TROUBLESHOOTING KONEKTIVITAS DAN INTERNET

Add caption

MENGECEK KONEKSI KE SERVER

  1. Cari dan catat IP Address pada server yang mungkin biasanya digunakan pada gateway di komputer Client. Misalnya 192.168.168.252
  2. Lakukan pengecekan pada komputer Client dengan Ping ke komputer Server. Klik menu Start > Run > ketikkan 192.168.168.252 Lalu klik Enter.
  3. Bila muncul tampilan tulisan Request timed out atau Uncreachable, maka koneksi anda ke alamat IP tersebut gagal.
  4. Coba dengan alamat IP Address dari komputer yang berada pada hub yang sama dengan komputer anda. Bila masih gagal, maka besar kemungkinan terjadi kerusakan sepanjang jalur koneksi dari komputer anda ke Hub. Bisa disimpulkan kerusakan terjadi pada Komputer, Slot Hub, maupun kabel jaringan dari komputer anda ke Hub. Lakukan pengecekan dan perbaikan sampai koneksi berhasil.
RESPON KONEKSI HANYA SATU ARAH
Maksud dari permasalahan ini ialah komputer client 1 dapat melakukan pengecekan dengan Ping IP Address komputer Client 2, sedangkan komputer Client 2 tidak bisa. Ada kemungkinan firewall pada Client 1 harus dimatikan terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini
  1. Klik Start > All Program > Accessories > System Tools > Security Center.
  2. Pilih dan Klik Windows  Firewall > klik Off (not recommended) > Klik OK.
GAGAL MEMBROWSE KE KOMPUTER TERTENTU
Pada permasalahan ini coba ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pastikan data komputer yang akan anda browse sudah anda share.
  2. Lakukan Ping ke komputer tersebut.
  3. Lakukan Ping dari komputer tersebut ke komputer anda.
  4. Jika koneksi sudah pasti tidak ada masalah, maka catat nama komputer dan IP Address komputer yang akan anda buka datanya pada data yang sudah di share terlebih dahulu.
  5. Pada Posisi komputer yang ingin mem Browse Klik menu Start > Run. Kemudian  ketikkan nama komputer atau IP Address yang diawali dengan tanda \\ (Misal : \\Rahmad atau \\192.168.168.252) > OK
KONEKSI HILANG

Bila menghadapi permasalahan seperti ini solusinya coba anda ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Untuk sistem operasi Windows coba cek kartu jaringan lakukan dengan membuka Control Panel > System > Hardware > Device Manager.
  2. Jika masih tidak dikenal atau masih terdapat error dengan LAN Card, maka lakukan penghapusan driver kemudian Instal ulang dengan driver yang sesuai.
  3. Cek nyala lampu pada Ethernet dan kabel Ethernet. Jika tidak ada tanda koneksi cek kabelnya.
  4. Lakukan pemasangan ulang konektor LAN.
  5. Cek kabel yang terpasang ke Hub, cek Lampu pada Hub dan cek Power Hub apakah sudah terpasang dengan baik.
  6. Jika masih belum benar, coba pindahkan port hub sampai koneksi normal.
  7. Pastikan pada Local Area Connection sudah benar, dapat dilihat melalui Control Panel > Network Connection.
  8. Kemudian dapat anda lihat koneksi terputus atau tidak. Lihat tandanya apakah terdapat tanda silang (X) atau berwarna Gray, atau Blue.
  9. Bila tardapat tanda silang berarti hubungan komputer dengan Hub putus. Lakukan pengecekan kembali pada Local Area Connection.
  10. Jika pada Local area Connection Limited or no connectivity, maka Disable dulu kemudian Enable kembali.
  11. Jika pada Local Area Connection berwarna Gray, berarti masih Disable maka Enable kan.
  12. Jika koneksi normal, maka pada Local Area Connections berwarna Blue.
  13. Pastikan setting IP, DNS dan Default Gateway sudah dikonfigurasi dengan benar.
  14. Lakukan pengecekan koneksi.
  15. Jika hasilnya Reply, berarti Koneksi berhasil.


KONEKSI JARINGAN TIDAK STABIL/PUTUS NYAMBUNG


Lakukan beberapa penangan dibawah ini :

  1. Lakukan pengecekan dengan melakukan PING ke berbagai komputer, bila terjadi putus nyambung lakukan langkah berikut.
  2. Putuskan jaringan sementara dengan melepaskan semua kabel yang terpasang pada Hub.
  3. Pasang satu persatu sampai ditemukanya beberapa komputer penyebab koneksi putus nyambung.
  4. Jika sudah ditemukan, biarkan komputer yang bermasalah tersebut tidak terpasang, agar jaringan tetap stabil. 
  5. Jika komputer yang bermasalah memang harus terpasang, lakukan pengecekan pada komputer, seperti Cek Lan Card, Cek kabel LAN,  juga tidak menutup kemungkinan untuk mengecek virus pada komputer tersebut.
KONEKSI JARINGAN LAMBAT
Lakukan beberapa penangan dibawah ini :
  1. Non-aktifkan sebagian sistem otomatis  yang dapat memperlambat penggunaan jaringan, Klik kanan menu Start > Explorer > Klik Menu Tools > Folder Options > Klik tab View.
  2. Hilangkan tanda cek pada Automatically search for network folders and printer kemudian Klik OK.
  3. Klik menu Start > Run > ketikkan Regedit >  OK.
  4. Pada jendela Regitry Editor Klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows >  CurrentVersion > Explorer > RemoteComputer > NameSpace > hapus Subkey D627990-4c6a-11cf-8d87-00aa0060f5bf.
  5. Meniadakan cadangan bandwidth dengan klik menu Start > Run > ketikkan gpedit.msc, lalu klik OK.
  6. Pilih Computer Configuration > Administrative Template > Network > Qos Package Scheduler.
  7. Pada jendela sebelah kanan klik ganda Limit reservable bandwidth > Disabled > OK selanjutnya restart komputer.
  8. Non-aktifkan fungsi search pada PC lainya yang sedang tidak digunakan dengan cara klik kanan Folder Sharing > Sharing and Security > hilangkan cek pada Share this folder on the network > OK.
  9. Coba ganti kabel LAN dengan kualitas yang lebih baik.
  10. Dalam pemasangan kabel UTP disarankan tidak dipasang satu jalur dengan kabel listrik.
  11. Setting subnet mask pada jaringan sesuai komputer yang terpasang saja, atau batasi sebanyak komputer dalam suatu jaringan tersebut.
TIDAK DAPAT MENGAKSES INTERNET
Lakukan beberapa penangan dibawah ini :
  1. Periksa IP Address Klik Start > Run > ketikkan cmd > OK. kemudian ketikkan Ipconfig > tekan Enter.
  2. Kemudian lakukan pengecekan Ping ke default gateway dan DNS misalnya PING 192.168.168.252 > tekan Enter.
  3. Jika koneksi jaringan tidak bermasalah, maka lakukan pengecekan dengan melakukan ping alamat web. Misalnya PING www.yahoo.com kemudian Enter.
  4. Jika Ping alamat web tidak bermasalah sedangkan komputer tetap tidak bisa akses internet, coba gunakan program web browser lain.
  5. Jika sudah bisa, berarti program browser sebelumnya mengalami kerusakan, lakukan tindakan lanjut seperti melakukan Uninstal lalu Instal ulang kembali web Browser tadi apabila masih mau menggunakannya.

Ditulis Oleh : Unknown // 18.48
Kategori: