Jumat, 02 Oktober 2015

Apakah Alat Tes Kehamilan Benar-Benar Akurat?


Bagi perempuan yang mendambakan kehadiran buah hati, waktu melihat alat tes kehamilan menghasilkan dua garis lurus, pasti merasa gembira. Tapi, pernahkah terpikir oleh Anda, bagaimana jika hasil tes itu salah? Bagaimana caranya untuk tahu bahwa alat tes di tangan Anda sungguh akurat dan terpercaya?

Sebagaimana diketahui, kebanyakan alat tes kehamilan mandiri mengklaim akurat 99%. Itu artinya, mereka bisa tidak akurat sebanyak satu dari 100 tes. Meski nampaknya angka ini bukan angka yang besar, menyangka Anda hamil padahal tidak atau sebaliknya, tentu dapat mengakibatkan kekecewaan.

Beberapa merk alat tes kehamilan mengaku, dapat mendeteksi keberadaan calon bayi dengan akurasi tinggi segera setelah menstruasi Anda berhenti. Bahkan, ada yang mengklaim dapat mendeteksi lebih cepat dari itu, yaitu tiga atau empat hari sebelum jadwal menstruasi dimulai.

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah melakukan tes kehamilan? yaitu melakukan tes kehamilan mandiri, bahkan yang digunakan di hadapan dokter, dapat memberikan kesalahan positif (false positive) dan kesalahan negatif (false negative). Jika benar-benar ingin akurat, Anda pun musti melakukan tes dengan alat testpack segera setelah bangun pagi, saat konsentrasi senyawa-senyawa di dalam urin masih tinggi.

Cara selanjutnya adalah menunggu sampai satu minggu terlambat menstruasi, barulah lakukan tes. Semakin lama Anda menunggu, semakin tinggi kadar hCG dalam darah. Yang terakhir, jika masih ragu, temui dokter. Laboratorium medis terbiasa mengikuti protokol yang ketat dalam melakukan pengujian dan karena itu cenderung untuk memberi hasil yang akurat dan terpercaya.


sumber : gulalives.com

Ditulis Oleh : Unknown // 09.20
Kategori: