Sabtu, 17 Oktober 2015

Browsermu Lambat? Ini Cara Agar Google Chrome Cepat Kembali

Sadarkah kamu, browser Google Chrome yang biasa kamu pakai sekarang melambat, atau bahkan sering crash? Plugin yang tidak penting, extension, dan bahkan browsing data bisa memperlambat kinerja browsermu atau membuatnya crash. Ini dia cara memperbaikinya.



Di artikel ini, kami akan memberitahumu bagaimana cara men-disable plugin,extension dan membersihkan browsing data untuk mempercepat Chrome dan mencegah terjadinya crash saat kamu menggunakannya.
Non Aktifkan Plugin

Saat kamu meng-install Google Chrome, banyak plugin yang sudah terinstall dan diaktifkan. Plugin membantu Chrome dalam memproses konten khusus, seperti Flash, Java, Silverlight, atau Windows Media FIles, tetapi kebanyakan diantaranya bahkan tidak pernah kamu gunakan dalam aktivitas browsingmu sehari-hari. Plugin dapat memperlambat performa Chrome, tetapi kamu bisa men-disable / Non aktifkan plugin yang tidak kamu gunakan. Untuk melakukannya, ketikkan di address bar "about:plugins" (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.

CATATAN : Kamu dapat dengan aman men-disable setiap plugin, tetapi disarankan agar Flash tetap enabled, karena banyak situs yang menggnakan Flash untuk menampilkan menu, video, dan lain-lain. Kamu bisa mengaktifkan plugin lagi kapan saja kamu membutuhkannya.



Ketik di adress bar "about:plugins"

Maka tab akan menampilkan daftar plugin yang terpasang. Scroll terus dan klik Disable pada setiap plugin yang kamu rasa tidak diperlukan/

NOTE : Plugin tidak dapat di hapus atau uninstall, hanya dapat di disable. Kecuali plugin yang menjadi bagian dari extension dan kamu uninstall extension itu. Secara otomatis, plugin itu ikut ter-uninstall.



Klik Disable untuk non aktifkan plugin

Plugin yang non aktif akan berubah warna abu-abu di daftar, dan tombol Disable di setiap plugin akan menjadi tombol Enable, membuatmu dapat mengaktifkannya kembali, jika perlu.



plugin yang tidak aktif akan berubah warna abu-abu.
 
Non Aktifkan Extension

Extension adalah program kecil yang tersedia Chrome Web Store yang menambahkan fitur tambahan ke Chrome. Mereka bisa sangat berguna, tetapi jika kamu berakhir dengan menginstall banyak sekali extension, kecepatan browser mungkin terkena dampak negatif. Kamu dapat dengan mudah men-disable ekstensi tanpa menguninstallnya untuk memulihkan kecepatan.

Beberapa ekstensi memasang tombol di samping address bar Chrome, dan dapat dengan mudah di hilangkan/ di-uninstall dengan meng-klik kanan dan pilih Uninstall dari menu.





Tombol ekstensi di samping adress bar

Untuk mengakses ekstensi dan aplikasi yang sudah kamu install, klik ikon strip 3 di pojok kanan atas dan pilih More tools > Extensions. Kamudapat meng-uninstall ekstensi dengan tombol tampa hrus mengakses daftar ini, tapi kamu mungkin akan terkejut bahwa beberapa ekstensi di daftar tidak memiliki tombol.


Mengakses tab ekstensi

Untuk me-non aktifkan ekstensi, klik check box di kanan judul ekstensi di daftar jadi sehingga tanda centang hilang.




Hapus tanda centang untuk me-non aktifkan

Ditulis Oleh : Unknown // 09.39
Kategori: